Sekitar jam setengah 11 an mertua baru ngabarin kalo mau ke Laacher See (Lake Laach), masih masuk wilayah Rheinland Pfalz, letaknya sekitar 24 km arah barat laut dari kota Koblenz, sebelah timur sungai Rhine dari kota Andernach (sekitar 8 km), kalau dari tempat tinggal kami sekitar 90km an lah… sekitar 1 jam perjalanan menggunakan mobil. Info seterusnya bisa diliat di Google, hehehe…

Karena di Lake Laach kita parkirnya `kebablasen` sampe di wilayah Camping daerah Nickenich, dan sepanjang jalan dipager besi, ngga bisa sampe ke danau nya, karena ngga tau jalan kesananya, jadi cuma bisa bolak balik jalan² saja, ngga seru dah. Balik ke tempat parkir trus kita jadi bingung aja mau kemana, hahaha… Jadi ributlah dimobil selanjutnya kemana….

Eniwei, kita ngga banyak foto² disana… ga seru sih.

O ya, didekat Lake Laach itu juga ada gereja/biara Maria Laach, info tentang gereja ini bisa dilihat di Google saja ya, secara kita ngga kesana, karena memang ngga berkepentingan, hehehe…

Diputuskanlah lanjut ke kota terdekat, yaitu kota Andernach (termasuk salah satu kota tua di Jerman). Summer tahun lalu kita pernah ke kota ini, bahkan ke Geysir (geyser) nya. Geyser air dingin ini adalah salah satu fenomena alam. Air dingin ini menyembur dari dalam bumi naik hingga 60 meter tingginya terhitung dari permukaan bumi, karena dorongan CO2 dari gunung berapi. Untuk menuju kesana kita harus melalui perjalanan dengan menggunakan kapal, menuju cagar alam „Namedyer Werth“. Tiket nya sekitar 43€ (Family Ticket).

Aku dan suami sih cuma jalan² aja dipinggir sungai Rhein, yang lain duduk sambil makan²… dan, karena aku pengen banget pipis, jadi cari toilet, alhamdulillah sih dapet, kita masuk ke Geyser Zentrum nya, hehehe.. Sekalian mampir beli kopi sama donat untuk anak² :) Karena sebelum berangkat belum makan siang, anak² kelaparan juga, jadi mampir makan di McD, trus pulang.

Ps. foto²nya nanti nyusul saja, udah perih nih mata :P