Adam

Page 3

Adam Ananta Rukma
100 articles in category Adam / Subscribe

Alhamdulillah, dapat satu pelajaran bagus! Critanya?? Jadi gini, sebenarnya sudah beberapa waktu lama pengen banget masukin Adam ke kegiatan² anak², katakan saja kursus gitu ya. Setiap setengah tahun aku dapat brosur dari Kunstwerkstatt yang ditaruh di Kindergarten. Disana ada menawarkan banyak jenis kegiatan, dari menggambar/melukis, menari, menjahit bahkan sampai kegiatan d ialam bebas. Bisa dikatakan sangat bagus gitu deh. Pengen daftarin kesana, udah pernah ngomong juga dengan suami, tapi pembicaraan belum terlalu mendalam kali ya *cieee* Jadi tuh brosur berakhir ditong sampah.

Sampai akhirnya, baru nih…akhir² ini ribut kelimpungan nyari tempat kursus. Dan dari Sozialpädiatrische Zentrum [SPZ], hasil pemeriksaannya Adam, sebaiknya dia dimasukan ke club² kegiatan anak² gitu, seperti sepak bola, karate, dan sebagainya untuk melatih daya konsentrasi nya. Oh ya, blum sempet aku share tentang perkembangan nya Adam ya. InsyaAllah dilain waktu deh.

So, Jum’at lalu setelah dari SPZ, kita langsung mampir ke Kunstwerkstatt. Alhamdulillah disana kita malah langsung ketemu sama ketua sekaligus pembimbing kursus melukis nya. Kursus melukis yang bliau bimbing ternyata sudah penuh [8 anak didik], tapi beliau berbaik hati mau menerima Adam, tapi tidak untuk Aira. InsyaAllah mulai hari Kamis depan Adam bisa langsung masuk dan berlangsung selama satu semeseter. Karna Aira juga tentu pengen ikut kegiatan seperti kakaknya, jadi kita daftarin sekalian kursus melukis, tapi yang 7 kali pertemuan dan mulainya bulan April depan.

Cari sekolah renang. Dezember lalu sempet mampir menanyakannya, tapi Schwimmschule nya buka Januari depan, kita suruh ngontak dari website nya. Kemaren udah ditelpon dan email, tapi blum dapat jawaban *sigh*

Cari kegiatan karate di Vfl 1848. Udah nelpon, katanya kita disuruh datang aja, Adam suruh mencoba ikut, suka ato ngga nya. Okay…!! Sore tadi kita antar Adam kesana. Banyak anak² gitu deh. Dan Adam udah excited banget. Tapi sayang, begitu ketemu pelatihnya, bliau bilang kalo udah full ga bisa terima murid lagi :( Kecewa banget! banget! banget!! Soalnya yang nerima murid usia 6 taun cuma disitu doang, hiks… Rata² tempat kursus karate tuh banyakan nerima diatas usia 8 taun. Arghh! yo wes yo le… blum rejeki :)

Kenapa dimasukkan ke banyak kegiatan gitu? Hmm, critanya kita juga lagi pengen menggali bakat dan kemampuan anak tu dimana. Gitu loh… Jadi sambil menyelam minum air. Tapi yang terpenting ya, bisa menunjang konsentrasi nya Adam nantinya.

Lagi mikir² kursus musik. Cuma mikir juga biayanya. Huff… Kayaknya emang semuanya harus dipersiapkan matang deh. Terutama untuk daftar² kegiatan anak² harus lebih awal, cari informasi sebanyak mungkin, jangan cuma kalo pas mentok aja kek gini.. taun 2011 udah berjalan euy… lah nih baru bangun…ewghh!!

penonton kecewa! :P

Hari ini, tepatnya malam jam 20:00 kita [aku dan suami] selaku orang tua dari Adam mendapatkan undangan pertemuan orang tua [calon] murid di Grundschule [Sekolah Dasar], Hargesheim. InsyaAllah, tahun ini Adam masuk Grundschule. Semoga sih lancar, dan bisa melewati Schuluntersuchung yang akan dilaksanakan tanggal 24. Januar nanti.

Malam itu dinginnya lumayan, plus hujan. Alhamdulillah rumah kita ngga jauh dari Grundschule nya, kurang dari 1 km lah kira² :D Meski hujan para orang tua calon murid banyak yang hadir memenuhi ruangan kelas. Sebelumnya acara perkenalan dari 3 guru pembimbingnya. Kemudian membahas seluk beluk seputar kegiatan sekolah.

Yang terpenting dari semua itu, calon murid diharapkan sudah mempunyai dasar²;

  1. Motivation, adanya motivasi atau dorongan dari anak untuk belajar.
  2. Arbeitsverhalten [work attitude], kebiasaan sikap dalam bekerja [belajar].
  3. Ausdauer, meliputi konsentrasi anak.
  4. Sozialverhalten, kebiasaan sikap dalam pergaulan anak dengan sekitar.
  5. Selbständigkeit, sikap mandiri.

InsyaAllah, semoga Adam mampu. Secara dalam hal ini Adam masih ada kekurangan pada Ausdauer [Konsentrasi] nya. Semoga pemeriksaan dari SPZ [Sozialpädiatrische Zentrum] membawa hasil yang baik. Amin.

Selanjutnya diskusi yang lumayan seru antara para orang tua dan guru. Diriku sudah ngantuk, menguap berkali² :( MasyaAllah,… zzZzzZzz…