Waktu itu aku lagi di Galeria Kaufhof, lagi iseng liat² buku, tau² ada yang manggil namaku, ternyata tetanggaku Frau Kenz, kita jadi ngobrol² sebentar, dia sempet nawarin kerjaan untukku di Kindergarten untuk menggantikan temannya yang mau cuti. Aku mau aja, selama aktivitas rumah tangga bisa aku handle? why not :D Jadi Frau Kenz ini mo membicarakan dulu dengan team kerjanya. Ok lah..

Hari berikutnya, dia datang ke rumah ngasih tau kalo team nya udah OK nerima aku, hanya saja aku sendiri harus ngomong sama pimpinan Kindergarten yaitu Frau Kle. Karna siang itu juga aku ngga ketemu sama Frau Kle di Kindergarten, jadi hari berikutnya aku bisa menghubungi beliau.

Siangnya abis jemput Aira langsung ke kantornya. Aku menawarkan diri untuk bekerja di Kindergarten. Sayangnya, Frau Kle bilang kalo dia udah dapat ganti. Sigh! Ya udah deh. Ga apa². Tapi Frau Kle minta personal data ku yang bakal diserahkan ke Ortsbürgermeister (Mayor).

Besoknya aku ditelpon Frau V, pegawai Finanzamt (pegawai departement keuangan), beliau memintaku untuk bekerja ditempatnya, seminggu sekali selama 4 jam, per jam nya 10€. Alhamdulillah, aku langsung OK! Malah minggu pertama aku sampai 8 jam. Lumayan :D Anyway, di Frau V ini aku bukan pekerja gelap loh, karna bakal kedaftar :D

Beberapa hari kemudian, Bürgermeister nelpon, menawarkan pekerjaan untukku. Awalnya sih bakal dipekerjakan di Schule, tapi setelah hari berikutnya ketemu dengan beliau dan ngomong² soal kerjaan, jadilah aku dipekerjakan di Feuerwehrhaus, Jugendraum, Dorfplatz dan Friedhofskapelle.

Dokumen kontrak kerjanya banyak banget. Gini kali ya kerja sama pegawai negeri? Harus mengisi dan menandatangani beberapa form, termasuk anti korupsi, anti diskriminasi, dan pekerjaan lain yang memungkinkan aku selaku ‘Beamtin’ nya melakukan pekerjaan sampingan (double job), dst… Huff!!

Aku bekerja sama dengan Herr Ma dan Herr Val, mereka² ini pekerja lapangan, sama seperti aku. Merekalah yang membantuku memenuhi kebutuhan selama aku bekerja. Jadi kalo misal ada kekurangan bisa langsung minta ke mereka. Herr Ma bilang, kalo posisi aku dibawah langsung Bürgermeister, jadi kalo ada apa² langsung ke Bürgermeister terutama kalo berurusan dengan warga nya yang lain :D

Sejauh ini…yahh, awal kerja yang pasti capek banget. Apalagi pas Jum’at minggu lalu, sempet klenger, karna pagi nya diminta ke Frau V, trus siangnya dari Gemeinde bilang pekerjaan di Feuerwehrhaus dan Jugendraum harus selesai minggu ini. Huaaa!! Ya udah, siangnya abis ngurus anak² langsung cabut kerja lagi, dan terpaksa terlambat menghadiri pameran hasil karya nya Adam di Kunstwerkstatt :(( I’m sorry, Adam…

Bismillah..

InsyaAllah, bisa mengatur waktu dengan baik :) Dan semoga aku kuat menjalaninya… Aamiin.